Anotasi 100 Literatur Bahasa Arab Kontemporer Di Indonesia



Buku ini merupakan upaya sederhana penulis dalam mengoleksi dan membuat daftar 100 buku referensi bahasa Arab kontemporer di Indonesia dalam dasawarsa tertentu. Keseratus buku terpilih meliputi beragam tema meliputi metodologi pembelajaran bahasa Arab, sistem pembelajaran bahasa Arab, media pembelajaran bahasa Arab, strategi pembelajaran bahasa Arab, permainan bahasa Arab, kurikulum bahasa Arab, penulisan buku teks bahasa Arab dan beragam aspek lain tentang bahasa Arab.

Literatur dan referensi tersebut ditulis oleh sejumlah penulis dan pakar bahasa Arab, baik dengan menggunakan bahasa Indonesia atau hasil terjemah dari bahasa Arab, baik buku populer, buku ajar atau hasil penelitian ilmiah, teoritis maupun praktis.
Semua buku yang dirilis merupakan buku koleksi pribadi penulis dalam periodesasi tahun 2005 sampai sekarang. Kalau ada buku yang belum termasuk dalam daftar list ini, semata karena literatur tersebut tidak atau belum dimiliki karena minimnya informasi serta akses kepada sumber referensi.
Sebisa mungkin, anotasi buku disusun sesuai tema dan urutan tahun dan tidak dimaksudkan membuat pemeringkatan atau perangkingan kualitas buku. Anotasi buku-buku literatur Bahasa Arab dibuat untuk memudahkan mahasiswa, guru, calon guru, dosen atau peminat bahasa arab dalam menggali dan mengakses aneka referensi yang mereka butuhkan. Untuk tahap awal penulis baru merilis 100 daftar buku. Jumlah ini akan terus bertambah (diupdate) seiring dinamika perkembangan dunia perbukuan dan khazanah ke-bahasaarab-an di tanah air.

Posting Komentar

0 Komentar