Sejarah STIQ Amuntai Press





    Sebuah lembaga yang berdiri, tentunya memiliki sejarah yang melatarbelakangi lembaga tersebut. begitu juga halnya dengan STIQ Amuntai Press (selanjutnya disebut STIQA Press). Alasan utama yang melatarbelakangi berdirinya STIQA Press adalah untuk memfasilitasi seluruh dosen maupun instruktur tahfidz STIQ Amuntai dalam mempublikasikan pemikiran dan karya ilmiah mereka. 
     
     Sebelum adanya STIQA Press mereka mempublikasikan karya mereka melalui penerbit di luar kampus yakni salah satu penerbit yang ada di Kota Amuntai tentunya dengan nominal dan eksemplar yang tidak sedikit. Di kota Amuntai hanya terdapat dua buah penerbit yang eksis sampai sekarang yakni CV Hemat dan STIQA Press.

    Ditunjuklah Hasan sebagai pengelola dan bertanggungjawab untuk pendaftaran STIQA Press ke Perpustakaan Nasional yang berpusat di Kota Jakarta. Pada tanggal 19 Juli 2019 Hasan mengajukan formulir pendirian STIQA Press dengan melampirkan berkas yang diminta oleh pihak ISBN Perpusnas yaitu:
  • Penerbit komersial yang berakhiran press atau publising (nama sesuai akta terlampir)
  • Commanditaire Vennontschap (CV)
  • Penerbit Perguruan Tinggi Negeri (SK pendirian badan penerbitan)
  • Penerbit Perguruan Tinggi Swasta (akta yayasan + SK pendirian badan penerbitan)

     Ternyata mendaftar sebagai penerbit tidak berjalan sesuai rencana yang dikira sebelumnya paling lama hanya memerlukan waktu satu pekan saja sudah selesai. Dua bulan waktu yang diperlukan untuk validasi berkas yang diajukan, maka tepat pada tanggal 5 September 2019 STIQA Press secara resmi tercatat sebagai salah satu penerbit resmi yang dapat mengurus ISBN. 

Posting Komentar

0 Komentar