Laku Hidup Di Pesantren

 


 LAKU HIDUP DI PESANTREN

Penulis/Editor = Muhamad Ramli/Hasan

ISBN 978-623-93486-6-3

 

 Sinopsis

Menulis tentang pesantren bagi saya sama dengan menulis diri saya sendiri. Atau paling tidak menulis tentang rumah saya sendiri. Karena seperti yang telah saya sebutkan di atas bahwa, sejak pertama kali ayah mengantar untuk belajar di pesantren, maka sejak itulah saya tidak pernah benar-benar lepas dan terpisah dari pesantren.

Setamat dari pendidikan di pesantren, saya justru dipinta untuk mengabdi di almamater saya sendiri. Kemudian saya melanjutkan pendidikan tinggi di pergu-ruan tinggi yang ada di pesantren. Saya juga diberi tempat tinggal di dalam komplek pesantren, beristri orang yang berlatarbelakang pendidikan pesantren, hingga beranak pinak di dalam pesantren pula.

Karena itu dapat dikatakan bahwa jiwa dan raga saya ini adalah pesantren. Ketika menulis tentang pesantren, tentu saja, bias dan subjektifitas dalam setiap tulisan mungkin terjadi. Tetapi tulisan-tulisan yang ada dalam buku ini bukanlah laiknya karya ilmiah yang menekankan objektifitas itu. Ia hanyalah sebuah refleksi dan pandangan-pandangan seorang santri terhadap dirinya sendiri atau rumahnya sendiri. Dan kalaulah ada hal-hal positif dan sekiranya dapat memberikan manfaat dan pelajaran bagi para pembaca maka itulah tujuan ditulisnya buku ini.

Adapun tulisan-tulisan yang ada di dalam buku ini adalah kumpulan tulisan yang sebagian saya tulis di media-media online, seperti alif.id, islami.co  dan BANGKIT-MEDIA.COM. Sebagian lagi adalah tulisan-tulisan yang pernah saya fublikasikan lewat blog peribadi dan media sosial facebook yang sebaginnya telah saya sunting ulang. Tulisan-tulisan ini sebagian besarnya bertemakan tentang kiai, santri dan segenap kegiatan dan perilaku orang-orang yang hidup di pesantren.

 

Posting Komentar

1 Komentar

  1. The Wedding Band - Titanium Art | TITanium Art
    This beautiful wedding band will be the perfect wedding venue for any occasion. Our wedding band babyliss pro nano titanium hair dryer will race tech titanium be in a few ford escape titanium 2021 settings titanium astroneer at the edc titanium venue.

    BalasHapus