Pengantar Filsafat Pendidikan Islam
Judul | : | Pengantar Filsafat Pendidikan Islam |
---|---|---|
Nama Penulis | : | 1. Dr. Muhammad Yusran, S.Pd.I, M.S.I 2. Ahmad Harisuddin, S.Th.I, M.Pd.I |
Nama Penerbit | : | STIQ Amuntai Press |
Cover | : | Soft Copy |
Jumlah Halaman | : | vii+ 128 halaman |
Ukuran | : | 21x14 cm |
Harga | : | Rp 28.000 |
ISBN | : | 978-623-98890-4-3 |
SinopsisPendidikan
Islam bukan hanya masalah praktis, melainkan juga masalah teoritis yang
didasari oleh filsafat pendidikannya. Tidak jarang ditemukan praktik pendidikan
Islam, terlebih lagi pendidikan agama Islam, yang seolah-olah berjalan hanya
sebagai sebuah rutinitas belaka; hampir tidak ada inovasi dalam mengantisipasi
lajunya perubahan dan perkembangan yang terjadi di tingkat nasional dan global.
Pada sisi lain, sering pula ditemukan gerakan-gerakan inovasi pendidikan yang
berjalan “setengah hati”, partikular, dan cenderung instan. Hal ini sedikit
banyaknya dipengaruhi oleh kurang sinkronnya antara pendidikan Islam pada
tataran filosofis, teoritis, dan praktis.
Fenoma semacam inilah yang menjadi pendorong utama mengapa pengembangan
kajian tentang filsafat pendidikan Islam menjadi sesuatu yang sangat mendesak
dan harus diprioritaskan daripada ilmu dan praktik pendidikan Islam itu
sendiri. Sebagai satu mata
kajian, filsafat pendidikan Islam bertujuan mengembangkan cara berpikir logis,
radikal, universal, dan sistematis tentang konsep-konsep dasar pendidikan Islam
di segenap aspeknya.
Pendidikan Islam bukan hanya masalah praktis, melainkan juga masalah teoritis yang didasari oleh filsafat pendidikannya. Tidak jarang ditemukan praktik pendidikan Islam, terlebih lagi pendidikan agama Islam, yang seolah-olah berjalan hanya sebagai sebuah rutinitas belaka; hampir tidak ada inovasi dalam mengantisipasi lajunya perubahan dan perkembangan yang terjadi di tingkat nasional dan global. Pada sisi lain, sering pula ditemukan gerakan-gerakan inovasi pendidikan yang berjalan “setengah hati”, partikular, dan cenderung instan. Hal ini sedikit banyaknya dipengaruhi oleh kurang sinkronnya antara pendidikan Islam pada tataran filosofis, teoritis, dan praktis. Fenoma semacam inilah yang menjadi pendorong utama mengapa pengembangan kajian tentang filsafat pendidikan Islam menjadi sesuatu yang sangat mendesak dan harus diprioritaskan daripada ilmu dan praktik pendidikan Islam itu sendiri. Sebagai satu mata kajian, filsafat pendidikan Islam bertujuan mengembangkan cara berpikir logis, radikal, universal, dan sistematis tentang konsep-konsep dasar pendidikan Islam di segenap aspeknya.
Posting Komentar
0 Komentar