Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Transformatif
Judul | : | Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Transformatif |
---|---|---|
Nama Penulis | : | Dr. Ade Destri Deviana, M.Pd.I, Syahabuddin Nur, M.Pd.I, Erma Nidia, Halimah |
Nama Penerbit | : | STIQ Amuntai Press |
Cover | : | Soft copy |
Jumlah Halaman | : | vii+138 halaman |
Ukuran | : | 21x14 cm |
Harga | : | Rp. 35.000 (hitam putih) Rp 45.000 (berwarna) |
ISBN | : | 978-623-98890-3-6 |
Sinopsis
Buku ini tidak hanya berisi
strategi biasa, tetapi buku ini dibuat dengan menggunakan model
pembelajaran transformatif yang secara efektif mengembangkan kreaktivitas
belajar (learning creativities) dan membawa perubahan pada peserta
didik. Strategi pembelajaran bahasa Arab transformatif
merupakan strategi pembelajaran yang menjelaskan cara-cara atau proses
pembelajaran dengan menggunakan media atau strategi tertentu sesuai dengan
perkembangan zaman dan membawa perubahan baik dalam sistem pembelajaran ataupun
karakter peserta didik. Di setiap uslub dan keterampilan terdapat beberapa
strategi yang cocok digunakan dalam sebuah pembelajaran, strategi-strategi yang
digunakan memuat langkah-langkah disertai media yang digunakan yang dapat membawa
perubahan pada karakter dan pola belajar pada peserta didik yang mengikuti
perkembangan zaman.
Secara lengkap buku ini membahas: bab 1 mengenai pengertian Strategi
Pembelajaran Bahasa Arab Transformatif, kemudian pada bab 2, 3 dan 4 mengenai
cabang-cabang dalam bahasa Arab, yang pertama melalui uslub
(kebahasaan) yang terbagi pada ashwat, mufradat dan tarkib sedangkan
pada bab 5,6,7 dan 8 tentang keterampilan-keterampilan bahasa Arab yang terbagi
pada maharah istima', maharah kalam, maharah qira'ah dan
maharah kitabah. Pada tiap bab
dijelaskan tentang pengertian, tujuan, prinsip dan
strategi atau langkah yang digunakan dalam penggunaan media yang dipakai pada
proses pembelajaran yang mudah dipahami pendidik dan peserta didik
Buku ini merupakan kombinasi dari berbagai strategi pembelajaran sebelumnya,
sehingga tercipta strategi pembelajaran bahasa Arab transformatif. Melihat dari
strategi yang ada, penulis memilih materi uslub bahasa dan keterampilan untuk
diangkat dalam pembahasannya. Dalam bahasa Arab dasar yang penting dan pertama
kali yaitu memahami apa itu uslub dan cabang-cabangnya, diantaranya ashwat
arabiyyah, mufradat dan tarkib. Selanjutnya akan diaplikasikan dalam
keterampilan istima’ (mendengar), keterampilan kalam (berbicara), keterampilan
qira’ah (membaca) dan terakhir keterampilan kitabah (menulis). Semoga buku ini
mendorong para pembaca untuk lebih semangat dalam mempelajari dan menggeluti
bahasa Arab serta bermanfaat bagi banyak orang. Sebagaimana Nabi Muhammad
bersabda, “Cintailah bahasa Arab karena tiga hal: Karena aku orang Arab,
Al-Qur’an berbahasa Arab dan bahasa penghuni surga di surga adalah bahasa
Arab.” (H.R Thabrani).
Secara lengkap buku ini membahas: bab 1 mengenai pengertian Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Transformatif, kemudian pada bab 2, 3 dan 4 mengenai cabang-cabang dalam bahasa Arab, yang pertama melalui uslub (kebahasaan) yang terbagi pada ashwat, mufradat dan tarkib sedangkan pada bab 5,6,7 dan 8 tentang keterampilan-keterampilan bahasa Arab yang terbagi pada maharah istima', maharah kalam, maharah qira'ah dan maharah kitabah. Pada tiap bab dijelaskan tentang pengertian, tujuan, prinsip dan strategi atau langkah yang digunakan dalam penggunaan media yang dipakai pada proses pembelajaran yang mudah dipahami pendidik dan peserta didik
Buku ini merupakan kombinasi dari berbagai strategi pembelajaran sebelumnya, sehingga tercipta strategi pembelajaran bahasa Arab transformatif. Melihat dari strategi yang ada, penulis memilih materi uslub bahasa dan keterampilan untuk diangkat dalam pembahasannya. Dalam bahasa Arab dasar yang penting dan pertama kali yaitu memahami apa itu uslub dan cabang-cabangnya, diantaranya ashwat arabiyyah, mufradat dan tarkib. Selanjutnya akan diaplikasikan dalam keterampilan istima’ (mendengar), keterampilan kalam (berbicara), keterampilan qira’ah (membaca) dan terakhir keterampilan kitabah (menulis).
Posting Komentar
0 Komentar