Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Transformatif

 




Judul : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Transformatif
Nama Penulis : Dr. Ade Destri Deviana, M.Pd.I, Syahabuddin Nur, M.Pd.I, Erma Nidia, Halimah
Nama Penerbit : STIQ Amuntai Press
Cover : Soft copy
Jumlah Halaman : vii+138 halaman
Ukuran : 21x14 cm
Harga : Rp. 35.000 (hitam putih) Rp 45.000 (berwarna)
ISBN 978-623-98890-3-6




Sinopsis
    Buku ini tidak hanya berisi strategi biasa,  tetapi buku ini dibuat dengan menggunakan model pembelajaran transformatif yang secara efektif mengembangkan kreaktivitas belajar (learning creativities) dan membawa perubahan pada peserta didik. Strategi pembelajaran bahasa Arab transformatif merupakan strategi pembelajaran yang menjelaskan cara-cara atau proses pembelajaran dengan menggunakan media atau strategi tertentu sesuai dengan perkembangan zaman dan membawa perubahan baik dalam sistem pembelajaran ataupun karakter peserta didik. Di setiap uslub dan keterampilan terdapat beberapa strategi yang cocok digunakan dalam sebuah pembelajaran, strategi-strategi yang digunakan memuat langkah-langkah disertai media yang digunakan yang dapat membawa perubahan pada karakter dan pola belajar pada peserta didik yang mengikuti perkembangan zaman.     
    Secara lengkap buku ini membahas: bab 1 mengenai pengertian Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Transformatif, kemudian pada bab 2, 3 dan 4 mengenai cabang-cabang dalam bahasa Arab,  yang pertama melalui uslub (kebahasaan) yang terbagi pada ashwat, mufradat dan tarkib  sedangkan pada bab 5,6,7 dan 8 tentang keterampilan-keterampilan bahasa Arab yang terbagi pada maharah istima',  maharah kalam,  maharah qira'ah dan maharah kitabah. Pada tiap bab dijelaskan tentang pengertian,  tujuan,  prinsip dan strategi atau langkah yang digunakan dalam penggunaan media yang dipakai pada proses pembelajaran yang mudah dipahami pendidik dan peserta didik           
   Buku ini merupakan kombinasi dari berbagai strategi pembelajaran sebelumnya, sehingga tercipta strategi pembelajaran bahasa Arab transformatif. Melihat dari strategi yang ada, penulis memilih materi uslub bahasa dan keterampilan untuk diangkat dalam pembahasannya. Dalam bahasa Arab dasar yang penting dan pertama kali yaitu memahami apa itu uslub dan cabang-cabangnya, diantaranya ashwat arabiyyah, mufradat dan tarkib. Selanjutnya akan diaplikasikan dalam keterampilan istima’ (mendengar), keterampilan kalam (berbicara), keterampilan qira’ah (membaca) dan terakhir keterampilan kitabah (menulis). 
     Semoga buku ini mendorong para pembaca untuk lebih semangat dalam mempelajari dan menggeluti bahasa Arab serta bermanfaat bagi banyak orang. Sebagaimana Nabi Muhammad bersabda, “Cintailah bahasa Arab karena tiga hal: Karena aku orang Arab, Al-Qur’an berbahasa Arab dan bahasa penghuni surga di surga adalah bahasa Arab.” (H.R Thabrani).




Posting Komentar

0 Komentar